Anda Bingung Cara Memperbaiki Sinyal yang Hilang di Xiaomi Redmi 4? Basedband Unknown? Begini Caranya

Nah sobat kali ini saya ingin berbagi sebuah pengalaman pahit yang saya alami di malam ini. Pengalaman pahit yang saya alami yaitu ketika saya baru saja meng-update ke Rom Global Stabil yang sebelumnya saya menggunakan Rom Distributor Abal-abal dan Rom China Stabil, tiba-tiba sinyal smartphone Xiaomi Redmi 4 saya hilang seketika itu juga, bahkan yang lebih sakitnya lagi smartphone Xiaomi Redmi 4 saya Basedband Unknown sehingga tidak dapat melakukan panggilan telepon atau juga mengirim sebuah pesan dan sebagainya miris bukan.

Ketika itu juga saya merasa panik, dan saya mencoba merestore kembali smartphone Xiaomi saya, akan tetapi apa boleh di buat saya lupa membackupe data sebelum meng-update. Akhirnya setelah saya mencoba berbagai cara saya menemukan sebuah cara memperbaikinya sobat, cara mengatasinya juga tidak sulit kok, jadi anda yang mengalami masalah seperti saya ini jangan panik ya.


Baiklah sobat tanpa banyak berbasa lagi, buat anda yang ingin memperbaiki smartphone Xiaomi Redmi 4 yang sering mengalami kendala yaitu hilang sinyal secara tiba-tiba bahkan smartphone Xiaomi Redmi 4 anda mengalami Basedband Unknown, anda bisa mencoba tutorial di bawah ini dengan seksama dan saya jamin smartphone Xiaomi Redmi 4 anda yang awalnya bermasalah pasti akan teratasi dengan baik. Akan tetapi yang perlu di ingat sobat, anda harus membaca tutorial yang ada di bawah ini dengan baik-baik ya dan dengan teliti.

Tutorial Cara Memperbaiki Sinyal yang Hilang di Smartphone Xiaomi Redmi 4, dan juga Mengalami Basedband Unknown.


Perhatian: Untuk menggunakan tutorial dibawah ini pastikan bahwa smartphone Xiaomi Redmi 4 anda sudah dalam ke adaan ter-Root SuperSU. Jika belum anda dapat melihat panduan tutorial Cara Root SuperSU untuk Smartphone Xiaomi Redmi 4 disini. Cara Root SuperSU Xiaomi Redmi 4

Bahan yang di perlukan :


Ikuti Panduan Tutorialnya dibawah ini dengan baik-baik :

  • Langkah yang pertama yaitu aktifkan "Mode USB Debugging" di smartphone Xiaomi Redmi 4 anda sobat.
  • Setelah itu anda wajib menonaktifkan atau Disable Driver Signature yang ada pada Windows PC/Laptop anda masing-masing. Bagi sobat yang belum tahu caranya bisa melihat panduan tutorialnya Disini
  • Jika sudah sobat install driver, QPST, ADB dan fastboot yang sudah sobat download di atas. Admin idexiaomi dot com menyarankan sobat untuk menggunakan Windows Versi 64bit.
  • Kemudian itu sobat aktifkan "USB Diagnostik" pada smartphoen Xiaomi Redmi 4 anda, dengan cara dial *#*#717717#*#* pada papan telepon. Nanti bakal muncul notif pop-up yang menandakan mode USB diag aktif
  • Setelah itu sobat sambungkan smartphone Xiaomi Redmi 4 anda ke PC/Laptop via kabel USB. Jika sudah sobat buka device manager pada Windows, pastikan pada bagian port sudah terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB Android DIAG 901D (COMx) contoh seperti gambar di bawah ini:
  • Jika sudah sobat jalankan aplikasi QPST yang sudah sobat install sebelumnya. Cek pada tab port, apakah Redmi 4 Prada kamu sudah terdeteksi.. Apabila belum juga terdeteksi silahkan tekan “Add New Port” lalu uncheck “Show serial and.......” lalu pilih port yang “Phone” nya terisi BUKAN “No Phone”(Pada gambar pilih yang bawah “COM6”)
  • Jalankan Minimal ADB dan Fastboot (biasanya shortcut ada di desktop), nanti bakal muncul jendela CMD. Lanjut ketikkan perintah "adb shell" lalu tekan enter. Nanti akan muncul menu pop-up, tekan saja yes/ok. Lanjut ketikkan perintah "su" lalu enter, bakal muncul lagi menu pop-up permintaan hak akses root superSU, pilih Grant atau Izinkan.

Lalu ketikkan perintah di bawah ini (Ingat harus sama dan satu persatu)

dd if=/sdcard/modemst1.bin of=/dev/block/mmcblk0p22
dd if=/sdcard/modemst1.bin of=/dev/block/mmcblk0p23
dd if=/sdcard/fsg.bin of=/dev/block/mmcblk0p24
  • Buka aplikasi explorer seperti root explorer atau solid explorer lalu lihat apakah sudah tersalin file modemst1.bin, modemst2.bin ,dan fsg.bin di Sd card. Simpan baik-baik file modem ini di komputer kamu sehingga ke depannya nanti jika dibutuhkan bisa digunakan kembali atau di restore ulang. Ingat!! jangan sampai hilang. Proses backupnya nanti akan seperti gambar di bawah ini:

Setelah itu,tetap di minimal adb dan fastboot,ketikan command (satu persatu)

dd if=/dev/zero of=/dev/block/mmcblk0p22
dd if=/dev/zero of=/dev/block/mmcblk0p23
dd if=/dev/zero of=/dev/block/mmcblk0p24

Kemudian Reboot Smartphone Xiaomi Redmi 4 sobat 

  • Setelah Redmi4 selesai reboot, kamu dial *#06# kemudian lihat apakah IMEI sudah kosong. Cek juga baseband, Mac Address dan yang lain apakah sudah unknown juga. Kalau seperti itu lanjut ke langkah berikutnya.
  • Buka di Notepad++ file xQCN tadi, nanti tampilannya bakal seperti ini:
  • Jalankan aplikasi IMEI Converter. Notepad++ tadi biarkan terbuka. Siapkan dusbox asli Xiaomi Redmi4 kamu lalu isikan IMEI yang ada di dusbox tersebut ke dalam kolom kiri IMEI Converter lalu tekan tombol Convert IMEI. Hasilnya adalah angka HEX di sebala kanan.
  • Kembali ke Notepad++ tadi, cari nilai Hex “11 11 11 11 11 11 11 11 11” (gunakan fitur pencarian agar lebih mudah), lalu gantikan dengan nilai Hex yang sudah kamu convert tadi.
Sebelum di Ganti

Sesudah di Ganti
  • Lakukan hal yang sama pada IMEI 2, namun kali ini nilai Hex nya adalah “22 22 22 22 22 22 22 22 22”
  • Lanjut cari nomor MEID di dusbox Redmi4 . Sebagai contoh nilai MEID adalah “123456789abcde” pisahkan menjadi “12 34 56 78 9a bc de” lalu terbalikkan nilai MEID tersebut dengan syarat berpasangan tanpa membalik pasangan nya menjadi “de bc 9a 78 56 34 12” (inilah nilai MEID kamu)
  • Seperti langkah no. 11 tadi, kamu cari nilai “MM MM MM MM MM MM MM” lalu gantikan dengan nilai MEID yang barusan kamu buat tadi.
  • Setelah selesai semuanya, silahkan save dan taruh di tempat yang mudah kamu ingat
  • Jalankan aplikasi QPST > Start Client > Software download > tab restore > lalu arahkan ke port yang sudah terdeteksi Redmi4 (bukan yang no Phone). Apabila tidak muncul, coba aktifkan kembali mode diag USB dengan cara dial *#*#717717#*#*


  • Pada bagian file xQCN arahkan ke file yang sudah kamu edit tadi. SPC biarkan 000000. Setelah itu tekan tombol start dan proses restore file xQCN berjalan. Tunggu hingga selesai
  • Selamat, IMEI, MEID, baseband, Mac Address pada Xiaomi Redmi 4  kamu sudah kembali dan bisa mendeteksi sinyal operator
Selesai demikianlah sobat panduan tutorial cara memperbaiki jaringan/sinyal yang hilang pada smartphone Xiaomi Redmi 4 yang dapat kami bagikan, semoga informasi artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang sedang membutuhkannya ya. Sekian dari kmi sobat terimakasih bagi anda yang sudah mau berkunjung ke situs idexiaomi dot com.

Source Gambar: http://www.miuitutorial.com/2017/04/xiaomi-redmi-4-prada-kamu-hilang-sinyal.html

Anda Bingung Cara Memperbaiki Sinyal yang Hilang di Xiaomi Redmi 4? Basedband Unknown? Begini Caranya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adara Fradella Ulani

12 comments:

  1. maksih gaaan....work 1000%,
    Testing Redmi4 prada Miui 8.0.5.0 global MCEMIDG)Marsmallow
    moga rezeki nte brtambah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe amin
      ia om semoga dapat membantu dengan adanya artikel ini
      Terimakasih jga sudah mau mampir ke saya om

      Delete
  2. Mantap om tutorialnya terimakasih banyak work banget Redmi 4 saya sudah bisa berselancar lagi dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbak semoga bermanfaat, jangan lupa mampir-mampir lagi kesini hehe

      Delete
  3. gan apa tutorial ini bisa umtuk redmi 4 x

    ReplyDelete
  4. gmna untuk redmi 4x gan apa pakai cara ini bisa

    ReplyDelete
  5. permisi gan untuk redmi 3s ada tidak ya?

    ReplyDelete
  6. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.qtrun.QuickTest&rdid=com.qtrun.QuickTest

    ReplyDelete
  7. gan kalau xiaomi mi4 lte sama gak pengerjannya...

    ReplyDelete
  8. di redmi note 3 pro bisa gak gan...

    ReplyDelete

● Terimakasih telah membaca artikel ini.
● Berkomentarlah dengan bijak dan sopan.
● Tinggalkan komentar jika anda menemukan masalah.
● Berkomentar dengan URL ( mati / hidup ) akan kami hapus.