Cara Jitu Mengatasi Smartphone Xiaomi Bootloop (Mati)

Baiklah sobat pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah tutorial sederhana yaitu bagaimana cara mengatasi smartphoen xiaomi bootloop. Sebelum kita melanjutkan pembahasan yang lebih jauh lagi, apakah anda sudah tahu apa itu bootloop?

Bootloop sendiri merupakan salah satu kondisi dimana semartphone anda tidak akan bisa di hidupkan kembali alias mati, akan tetapi tidak mati total. Biasanya jika kondisi bootloop itu smartphone xiaomi mati hanya memunculkan logo MI saja.


Nah dalam kondisi seperti ini biasanya banyak para pengguna xiaomi yang kebingungan, bahkan ada yang mengatakan bahwa produk xiaomi itu sendiri tidak bagus sering error, bahkan lain-lain.

Bootloop ini sendiri sebenarnya bukan di salahkan akibat dari produk smartphone yang kurang bagus, melaikan kesalahan si pengguna sendiri karena sering mengotak-atik sistem dari smartphone tersebut.

Nah, bootloop sendiri biasanya di sebabkan karena anda sering melakukan root pada xiaomi, atau ketika anda salah melakukan install supersu, seperti pengalam saya yaitu smartphone xiaomi mati bootloop akibat saya install supersu.

Kondisi Bootloop pada Xiaomi :

  • Jika smartphone xiaomi anda di restart maka tidak akan mau hidup alias hanya mentok di logo MI saja (Kedap-kedip)
  • Anda juga tidak dapat masuk ke dalam menu recovery mode
  • Anda juga tidak dapat melakukan install melalui fastboot di karenakan xiaomi anda hanya mentok di logo MI saja
Jadi, buat anda yang pada saat ini masih kebingungan belum tahu bagaimana cara mengatasinya jangan panik, anda juga jangan menjual smartphone yang baru anda beli itu, karena kondisi xiaomi bootloop itu bisa di atasi dengan mudah sobat, bingung simak caranya di bawah ini.

Cara Jitu Mengatasi Smartphone Xiaomi Bootloop (Mati)

  • Langkah yang pertama yaitu anda download aplikasi "MI Flash" pada situs resmi milik xiaomi sendiri DISINI
  • Tunggu beberapa saat sampai proses download selesai, jika sudah selesai anda harus menginstall aplikasi MI Flash tersebut di laptop anda.
  • Jika proses install sudah selesai, kini anda sambungkan smartphone xiaomi anda yang dalam keadaan bootloop ke laptop/pc anda dengan menggunakan kabel data.
  • Setelah itu masuk ke menu "Fastboot" dengan cara tekan dan pendam tombol "Power+Volume Bawah"
  • Jika sudah masuk ke directory "System C —> Program Files (x86) —> xiaomi —> MiPhone —> Google —> Android"
  • Jika sudah berada di dalam folder android, tahan tombol "SHIFT" setelah itu klik kanan pada mouse, dan nanti akan keluar beberapa menu pilihan. Pilih menu "Open CMD Administrator"
  • Setelah itu akan keluar halaman CMD Administratornya, kemudian anda ketika perintah "fastboot-w" (Tanpa Tanda Petik)
  • Jika sudah tunggu beberapa saat sampai proses selesai

  • Setelah itu anda ketika, "fastboot-continue" kemudian tekan tombol "Enter" tunggu beberapa saat sampai smartphone xiaomi anda yang bootloop selesai melakukan recovery sistem.


  • Jika proses recovery sistem sudah selesai dan nanti smartphone xiaomi anda akan terestart secara otomatis, setelah itu selesai anda sudah dapat menggunakan smartphone xiaomi anda kembali.
Bagaimana sobat mudah bukan, dan anda juga jangan panik karena jika smartphone xiaomi anda dalam keadaan bootloop. Karena semua permasalah bisa di atasi dengan cepat. Demikianlah panduan "Cara Jitu Mengatasi Smartphone Xiaomi Bootloop (Mati)", semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang sedang membutuhkan.

Cara Jitu Mengatasi Smartphone Xiaomi Bootloop (Mati) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adara Fradella Ulani

11 comments:

  1. jika masih tidak bisa bagaimana?

    ReplyDelete
  2. Masih ga bisa juga...lem biru aj

    ReplyDelete
  3. yang muncl cumn fastboot doang,lalu kmbali ke logo

    ReplyDelete
  4. ditunggu aj sabar ntar nyala sendiri

    ReplyDelete
  5. ijin suhu https://www.husen.id/2018/06/Mengatasi-MI5X-Brick-atau-Mati-setelah-update-atau-flash-100-work.html

    ReplyDelete
  6. kalo device nya tidak terbaca gmna gan ?

    ReplyDelete
  7. kira2 brapa lama untuk proses nunggunya itu gan... soalnya stelah fastboot-w... lama di comand nunggunya... waiting for device truss lebih 30 mnit... mungkin ada yg kurang dri penjelasannya gan...?(hp redmi 3) masih tuss di coba cara dari agan sampe bisa.... mohon konfirmasinya...
    thanks ilmunya.

    ReplyDelete
  8. jangan sok tau bilang kesalahan pengguna. saya ga pernah utak atik system atau install program aneh aneh spperti superuser root bla bla ..

    ajaibnya indikasi awalnya dimulai ketika program bawaan dia (theme) mendadak muncul notif update .. lalu memory sistem mendadak tinggi penggunaannya dan terakhir2 lalu muncul pesan2 errors ... restart berulang2 dan akhirnya mentok di logo MI.

    oiya ajaib lagi .. xiaomi bokap dan nyokap juga serentak mengalami kejadian yang sama (belinya bareng) .. saya aja ga pernah utak atik apalagi mereka ...

    tu sepertinya taktik kampret bisnis xiaomi sendiri yg 'maksa' pengguna beli baru :P

    ReplyDelete

● Terimakasih telah membaca artikel ini.
● Berkomentarlah dengan bijak dan sopan.
● Tinggalkan komentar jika anda menemukan masalah.
● Berkomentar dengan URL ( mati / hidup ) akan kami hapus.