Cara Mudah Backup & Restore Data di Smartphone Xiaomi Anda Tanpa Root

Sebelum MIUI 8 di release, banyak para pengguna smartphone Xiaomi yang selalu mengandalkan TWRP/Titanium untuk membackup seluruh data yang ada di smartphone Xiaomi mereka termasuk Aplikasi tertentu.

Akan tetapi setelah MIUI 8 di release, sekarang kita sudah tidak perlu masuk kedalam sistem TWRP/Titanium untuk melakukan backup data smartphoone dan data aplikasi. Karena di MIUI 8 versi sekarang ini sudah tersedia berbagai macam fitur baru untuk smartphone Xiaomi.


Salah satunya yaitu fitur Backup dan Restore yang selama ini sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone Xiaomi, karena dapat membackup seluruh aplikasi beserta data dari aplikasi tersebut dengan sangat mudah, karena ketika kita restore akan kembali seperti sediaka tanpa ada yang berkurang dari data atau aplikasi kita. Semisal contoh aplikasi Blackberry Messenger (BBM) sering kali para pengguna smartphone Xiaomi kesulitan untuk membackup datanya kecuali dengan memasang TB (Titanium Backup), atau dengan menggunakan aplikasi lain seperti Root, terkadang jika menggunakan Root PIN dari BBM kita juga ikut berubah.

Maka dari itu sobat, saat ini kami ingin berbagi bagaimana caranya menggunakan fitur terbaru dari MIUI 8 ini yaitu dengan menggunakan fitur Backup dan Restore, kita dapat membackup data aplikasi BBM dengan sangat mudah dan aman, dan PIN BBM kita juga tidak akan berubah.

Jadi, buat anda yang ingin mencoba bisa melihat panduan tutorial cara backup dan restore data Xiaomi tanpa Root dibawah ini.

Berikut Cara Backup Data Smartphone Xiaomi: 

  • Langkah yang pertama yaitu Masuk ke dalam menu Setting -> Additional Setting -> Backup and reset -> Local Backup -> Backup
  • Setelah itu nanti di dalam menu backup terdapat 3 item, System, Apps, Accounts. silahkan pilih semuanya atau dipilih2 sesuai kebutuhan saja.
  • Setelah selesai milih, klik backup
  • Tunggu backup sampai selesai.

Perhatian : Jika di dalam smartphone Xiaomi anda sudah terdapat SD Card (Kartu Memori), maka biasanya otomatis tersimpan di SD Card (Kartu Memori), folder "MIUI - Backup". namun jika tidak, akan masuk ke Internal.

Setelah itu silahkan amankan backup tersebut ke otg/PC agar lebih terjaga dan aman.

Ketika anda sudah selesai menganti ROM/Update, anda bisa melanjutkan dengan restore Aplikasi dan data-data dismartphone anda dengan cara dibawah ini.

Berikut Cara Restore Data Smartphone Xiaomi:

  • Langkah yang pertama yaitu Masuk ke dalam menu Setting -> Additional Setting -> Backup and reset -> Lokal Backup
  • Pilih file yang ingin di restore (jika lebih dari 1 backupan)
  • Setelah itu klik pada menu Restore
  • Selesai

Perhatian: jika smartphone Xiaomi anda tidak menggunakan ROM Global alias menggunakan ROM China, jangan di restore dulu aplikasi yang berbau google (jangan diceklis) karena akan terjadi Force Close nantinya, setelah selesai silahkan install aplikasi berbau google tadi memakai Google Installer/GApps.

Demikianlah artikel panduan tutorial Cara Mudah Backup & Restore Data di Smartphone Xiaomi Anda Tanpa Root yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua terutama bagi anda yang sedang kebingungan belum mengerti bagaimana cara membackup data di smartphone Xiaomi anda. Sekian dan terimakasih

Cara Mudah Backup & Restore Data di Smartphone Xiaomi Anda Tanpa Root Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adara Fradella Ulani

0 comments:

Post a Comment

● Terimakasih telah membaca artikel ini.
● Berkomentarlah dengan bijak dan sopan.
● Tinggalkan komentar jika anda menemukan masalah.
● Berkomentar dengan URL ( mati / hidup ) akan kami hapus.