Cara Melihat Perbedaan Rom China, Rom Distributor dan Rom Stable (Global) di Smartphone Xiaomi

Saat ini semartphone Xiaomi memang merupakan salah satu smartphone yang paling banyak di gunakan oleh para pecinta semartphone di seluruh dunia. Xiaomi juga merupakan salah satu smartphone yang merajai pasar smartphone dunia.

Banyak orang yang pada saat ini menggunakan smartphone Xiaomi karena kulitas yang bagus dan harga yang lebih terjangkau berbeda jauh jika di bandingkan dengan smartphone merek lainnya, yang memiliki kualitas bagus tapi harga yang sangat mahal.

Nah bagi para pengguna smartphone Xiaomi, banyak yang masih kebingungan untuk membedakan yang mana Rom Distributor, Rom China dan Rom Stable (Global). Mengapa para pengguna smartphone di wajibkan untuk mengetahui perbedaan antar Rom yang di gunakan oleh smartphone Xiaomi.


Ya karena memang pada intinya smartphone Xiaomi berbeda dengan smartphone lainnya ketika hendak melakukan upgrade dari MIUI 6 ke MIUI 8 kita pasti di hadapkan dengan 2 pilihan sulit yaitu harus memilih Rom atau Framware yakni versi Rom China, atau Rom Stable (Global) atau juga Rom Distributor. Maka dari itu bagi anda yang saat ini masih bingung untuk membedakan antara Rom China, Rom Stable dan Rom Distributor yang ada di smartphone Xiaomi anda dapat melihat ulasannya di bawah ini.

Anda Bingung Cara Membedakan Antara Rom China, Rom Distributor, atau Rom Stable (Global) yang ada di smartphone Xiaomi? Begini Caranya:


Rom China
Rom China juga merupakan salah satu Rom yang di kembangkan oleh delveloper resmi dari MIUI. Jika sobat ingin mencoba untuk mengupdate setiap minggu menggunakan fitur terbaru dari smartphone Xiaomi, sobat dapat menggunakan Rom China ini karena Rom China akan selalu update memperbaharui fitur terbaru mereka seminggu sekali, yang pastinya setiap Rom itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ciri-ciri Rom China
  • Biasanya versi MIUI akan di awali dengan angka 6.X.X.X
  • Tidak ada bahasa Indonesia pada penggaturan bahasa
  • Lebih rutin melakukan update 1 minggu sekali
  • Banyak memperbaharui fitur terbaru ketika update Rom 

Rom Distributor
Rom Distributor yang ada pada smartphone Xiaomi pada umumnya merupakan salah satu Rom resmi keluaran dari perusahaan Xiaomi sendiri. Akan tetapi karena Rom ini sudah banyak di edit dan di modifikasi oleh distributor yang tidak resmi maka dari itu Rom ini merupakan Rom yang paling di benci oleh pengguna Xiaomi.

Ciri-ciri Rom Distributor
  • Pada Versi MIUI nya Rom Distributor lebih banyak menggunakan angka bisa lebih dari 5 sebagai contoh : v7.1.9.0.0.0
  • Tidak pernah melakukan update ROM berbanding terbalik dengan Rom China
  • Biasanya sudah ada Bahasa Indonesia ( bukan berarti rom global abal abal ya )
  • Akan muncul iklan di setiap anda mengaktifkan data seluler dan melakukan browsing
  • Banyak aplikasi anehyang sudah terinstall lebih dulu di smartphone Xiaomi yang masih baru padahal kita belum menginstall aplikasi apa-apa
  • Bloatware ( biasanya handphone kita terasa lag berat menjadi panas, dan boros battery)

Rom Stable (Global)
Rom Stabel merupakan Rom yang paling di rekomendasikan untuk anda pengguna smartphone Xiaomi terlebih lagi jika anda yang saat ini masih awam untuk memilih Rom mana yang terbaik maka jawabannya adalah Rom Stable. Karena Rom ini memiliki berbagai macam fitur dan lebih sedikit memiliki bugs, tidak ada bloatware, dan juga akan update setiap 2 minggu sampai 1 bulan.


Rom Stable (Global) juga memiliki 2 versi ya sobat yaitu :
  • Rom Stable China dan 
  • Rom Stable Global

Ciri-ciri Rom Stable China
  • Tidak ada aplikasi Google apps seperti Google Playstore dan aplikasi google lainya. karena layanan google tidak tersedia disana ( Akan tetapi anda jangan khawatir karena bisa di install secara manual)
  • Tidak ada bahasa Indonesia, hanya English dan China karena di peruntukan untuk pengguna selain orang Indonesia
  • Lebih Rutin melakukan update
  • Lebih Stabil

Ciri-ciri Rom Stable Global
  • Aplikasi Google Playstore dan aplikasi Google lainnya sudah tersedia di Rom Stable Global
  • Sudah tersedia bahasa Indonesianya
  • Dan juga rutin melakukan update setiap minggunya

Anda Bingung Ingin Menggunakan Rom Yang Mana Untuk Smarphone Xiaomi Anda? Ini Tips Terbaik Dari Kami

Rom Developer China
Bagi sobat yang menggunakan Rom Developer China dan tidak punya aplikasi Google Apps seperti Google Playstore, Google Drive, Gmail, Google Photos, dll sobat jangan panik. Karena sobat dapat menginstall aplikasi Google Apps secara manual di Rom China. Karena pastinya semua orang saat ini menggunakan layanan Google seperti Gmail dll.

Rom Distributor
Saat ini banyak dari pengguna smartphone yang mengeluh dan mengatakan smartphone Xiaomi bukan merupakan smartphone yang bagus karena banyak virus banyak iklan yang bermunculan dan bahkan banyak aplikasi yang datang dengan sendirinya tanpa di install. Usut punya usut ternyata para pengguna smartphone Xiaomi yang mengeluh tersebut menggunakan Rom Distributor mereka menganggap smartphone Xiaomi yang tidak bagus ternyata mereka menggunakan Rom yang salah Rom Distributor ini merupakan Rom yang tidak bagus, tidak memiliki kelebihan tertentu bahkan Rom ini memiliki banyak bugs di dalamnya. Jadi jika anda pengguna smartphone Xiaomi yang menggunakan Rom ini kami sarankan agar anda mengganti dengan Rom Stable atau Rom Developer China saja

Rom Stable (Global)
Rom Stable merupakan Rom yang paling bagus untuk smartphone Xiaomi anda sobat, karena Rom ini merupakan Rom resmi mancanegara bisa di gunakan untuk semua negara bahkan negara Indonesia. Dan Rom ini sendiri sudah memiliki berbagai macam fitur terbaru dan akan melakukan update Rom setiap 2 minggu sekali.

NoVotingTerbaiik
1Rom Stable (Global)1.234.429 orang
2Rom China569.342 orang
3Rom Distributor6 orang

Nah sekian sobat penjelasan kami tentang perbedaan antara Rom China, Rom Distributor dan Rom Stable (Global). Jadi buat sobat yang pada awalnya masih bingung untuk membedakan Rom mana yang bagus untuk smartphone Xiaomi, sobat sudah pasti tahu yang mana yang terbaik jika sudah membaca artikel di atas.

Sekian dari kami terimakasih bagi anda yang sudah mau membaca dan berkunjung ke situs kami. Jika anda menemukan masalah jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar yang sudah di sedikan oleh admin idexiaomi dot com.

Cara Melihat Perbedaan Rom China, Rom Distributor dan Rom Stable (Global) di Smartphone Xiaomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adara Fradella Ulani

2 comments:

  1. Terimakasih infonya gan sangat bermanfaat buat saya artikelnya baru tahu bagaimana cara membedakan rom di xiaomi sekarang

    ReplyDelete

● Terimakasih telah membaca artikel ini.
● Berkomentarlah dengan bijak dan sopan.
● Tinggalkan komentar jika anda menemukan masalah.
● Berkomentar dengan URL ( mati / hidup ) akan kami hapus.