Xiaomi Redmi 3 Anda Bootloop, Softbrick, Atau Hardbrick? Baca Tutorial Cara Mengatasinya Disini


Baiklah sobat sesuai dengan judul artikel ini atas kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial sederhana yaitu bagaimana cara mengatasi smartphone Xiaomi Redmi 3 yang sedang dalam ke adaan Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick.

Mungkin sobat pernah mengalami hal yang sama seperti saya ini ya. Permasalah yang saya alami yaitu ketika saya baru saja membeli smartphone Xiaomi Redmi 3 dan saya mecoba untuk melakukang Rooting, tiba-tiba Xiaomi saya mati tapi tidak mati total sobat hanya mentok di logo Mi saja. Nah ketika itu saya panik saya kira xiaomi saya rusak atau xiaomi gagal produk karena baru saja saya beli kok bisa mati gini, sangking heran dan penasaran serb ketakutan kalau xiaomi saya rusak, saya mencari tahu apa permasalahan dari xiaomi bootloop ini akhirnya googling sana sini dan ternyata xiaomi saya bootloop itu karena gagal rooting.

Jadi sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan xaomi kita itu Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick? Yaitu gagal rooting, gagal flashrom, atau bahkan gagal menginstal Xposed/Dolby Atmos/Viper dan Lain - lain, itulah beberapa penyebab kenapa xiaomi anda Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick.

Terus bagaimana cara mengatasi xiaomi yang Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick? Cara mengatasinya sangatlah mudah sobat kita hanya perlu mengoprek sedikit smartphone kita tersebut agar bisa kembali berjalan dengan normal lagi.

Terus bagaimanakah cara membedakan xiaomi Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick? Untuk membedakan xiaomi Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick itu juga tidaklah sulit sobat, jadi jika sobat belum tahu dimana perbedaan antara xiaomi Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick bisa melihatnya pada ulasan di bawah ini.

Perbedaan antara Xiaomi Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick:

  • Jika Xiaomi Redmi 3 sobat bisa di hidupkan tetapi cuma muncul sampai di Logo Mi (Itu Namanya Bootloop )
  • Jika Xiaomi Redmi 3 sobat bisa di hidupkan tetapi cuma sampai di Logo Mi dan Reboot lagi (Itu Namanya Softbrick )
  • Jika Xiaomi Redmi 3 Sobat tidak bisa di hidupkan tetapi masih bisa di Charge (Itu Namanya Softbrick/Hardbrick )
  • Jika Xiaomi Redmi 3 Sobat tidak bisa di hidupkan dan tidak bisa di Charge (Itu Namanya Hardbrick )
Nah itulah sobat beberapa kendala yang biasanya terjadi di smartphone xiaomi bahkan dari kendala yang ada di atas itu yang paling sering di alami oleh para pengguna xiaomi yaitu Bootloop. Jadi bagaimana sobat apakah sobat sudah tahu perbedaan antara Bootloop, Softbrick, Dan Hardbrick? Ya pastinya sudah tahu bukan kalau sudah membaca artikel yang ada di atas.

Baik bagi sobat yang sudah tidak sabaran lagi untuk mengatasi permasalah yang sobat alami saat ini sobat dapat mengikuti panduan tutorial cara mengatasi Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick yang ada di bawah ini, Perlu di ingat sobat sebelum sobat mengikuti tutorial yang ada di bawah ini alangkah baiknya kita berdoa dulu agar xiaomi yang akan kita perbaiki ini bisa berjalan dengan baik heheh (Hanya Candaan wkwkw) dan yang kedua jangan lupa sediakan kopi dan cemilan agar sobat tidak bosan untuk menunggu karena ini pasti akan memakan waktu yang lumayan lama.

Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop/Softbrick

Untuk mengatasi xiaomi bootloop atau softbrick itu juga sangatlah mudah sobat caranya sangatlah sederhana kita hanya perlu menginstall ulang romnya saja dan setelah itu selesai xiaomi sudah dapat di gunakan seperti biasanya. Akan tetapi mungkin dari sobat semua sudah pernah mencoba seperti tutorial yang ada di bawah ini tapi gagal? Saran saya coba lagi dengan cara ini dengan teliti jangan sampai ada langkah-langkah yang tertinggal. Oke langsung saja sobat ikuti tutorialnya di bawah ini.

A. Bahan-bahan yang wajib sobat siapkan (Download bahannya dibawah ini)
Note: Saran saya agar anda mendownload fastboot rom global saja dari pada china karena rom china tidak tersedia untuk bahasa indonesia dan tidak ada aplikasi google playstore termasuk aplikasi google lainnya.


B. Cara Flashrom Xiaomi Redmi 3

Step 1 - Download ke 3 aplikasi yang ada di atas untuk fastboot rom terserah sobat ingin menggunakan yang versi china atau global.

Step 2 - Setelah itu install aplikasi Mi Flashtool di PC/Laptop yang sobat gunakan, jika sudah di install Restart PC/Laptop sobat.

Step 3 - Selanjutnya buka PC/Laptop sobat dan langsung saja masuk ke dalam Local Disk C > Program Files (X86) > Xiaomi > Miphone > Miflash.exe

Step 4 - Jika sudah buka aplikasi Mi Flashnya, lalu pilih Browse dan arahkan ke Folder hasil Ekstrak Fastboot Rom

Step 5 - Setelah itu klik pada Segi Tiga Kecil ( di samping Opsi Browser ) dan pilih Advanced

Step 6 - Pilih File flash_all.bat dan Klik Ok

Step 7 - Selanjutnya di Xiaomi Redmi 3 sobat tekan tombol Volume Up ( + ) dan tombol power secara bersamaan hingga muncul tampilan Recovery, selanjutnya pilih Download dan Xiaomi Redmi 3 akan ngeblank hitam dan Hanya muncul Notifikasi bewarna merah

Step 8 - Kemudian sambungkan Xiaomi Redmi 3 sobar ke PC/Laptop dengan menggunakan Kabel USB (Kabel Data)

Step 9 - Jika sudah tersambung pilih Refresh. Jika muncul seperti Nomor Device maka Xiaomi Redmi 3 nya sudah terdeteksi di Mi Flash Toolsnya

Step 10 - Pilih Flash untuk memulai Proses Flashing Rom Xiaomi Redmi 3 nya dan tunggu beberapa saat hingga proses installasi selesai

Step 11 - Jika sudah selesai Cabut kabel datanya dan Reboot Xiaomi Redmi 3 nya

Perhatian: Atau jika anda masih bingung juga dan xiaomi sobat tetap tidak bisa di perbaiki sobat dapat melihat panduan tutorial yang satu ini tutorial yang paling ampuh untuk mengatasi semua versi smartphone yang sedang dalam keadaan Bootloop. Baca Tutorialnya Disini

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 3 Hardbrick

Jika Xiaomi Redmi 3 sobat dalam keadaan Hardbrick sobat juga dapat memperbaikinya dengan cara flashrom akan tetapi ada beberapa file tambahan yang perlu di tambahkan untuk mengatasi Xiaomi Redmi 3 yang Hardbrick. Jika sobat bingung sobat dapat mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

A. Bahan-bahan yang wajib sobat siapkan (Download bahannya dibawah ini)
  • File Qfil_QPST ( Here )
  • File Qualcom Diag_QD_Loader ( Here )
Note : Perlu di ingat bahwa kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan Fastboot Rom Developer China karena tidak tersedia untuk bahasa Indonesia dan tidak ada aplikasi Google seperti Google Playstore, Google Maps, Google Drive, Gmail, dan lain-lain. Tapi jika sobat tetap ingin menggunakan Fastboot Rom Developer China sobat dapat menginstall aplikasi Google lainnya secara manual.

B. Cara Flashrom Xiaomi Redmi 3

Step 1 - Install Mi Flashnya Terlebih dahulu, lalu Instal juga File Qfil dan Qualcom Diag tersebut. di PC/Laptop anda, Jika sudah diinstal Reboot/Restart PC/Laptop yang sobat gunakan.

Step 2 - Selanjutnya Ekstrak Fastboot Rom Xiaomi Redmi 3 nya

Step 3 - Jika sudah Buka Local Disk C > Program Files (X86) > Xiaomi > Mi Phone > Miflash.exe 

Step 4 - Lalu buka Opsi Browse dan arahkan ke Folder Hasil Ekstrak Fastboot Rom tadi

Step 5 - Selanjutnya buka segitiga kecil ( di samping Browse ) lalu pilih Advanced dan arahkan ke File Flash_all.bat

Step 6 - Lalu di Xiaomi Redmi 3 nya, tekan tombol Volume Up ( + ), Volume Down ( - ) dan tombol power secara bersamaan apabila sudah bergetar lepas Volume Down nya nanti layar Xiaomi Redmi 3 nya ngeblank, berarti itu sudah masuk ke Mode Download

Step 7 - Jika sudah masuk ke Mode Download, lalu Sambungkan Xiaomi Redmi 3nya ke PC dengan menggunakan Kabel data

Step 8 - Lalu di Mi Flashnya pilih Refresh dan akan muncul Nomor Device sobat

Step 9 - Selanjutnya pilih Flash dan Xiaomi Redmi 3 nya akan di Flash dan tunggu hingga proses selesai

Step 10 - Jika sudah selesai, cabut kabel datanya dan Hidupkan Xiaomi Redmi 3 nya

Nah bagaimana sobat mudah bukan cara mengatasi Xiaomi Redmi 3 yang sedang dalam keadaan Bootloop, Softbrick, Atau Hardbrick. Hanya saja mungkin kita sedikit takut untuk memperbaikinya karena banyak yang berpikir bahwa ah ini hp baru jadi sayang kalau di otak atik ah sayang hp kesayangku takut rusak kalau di otak atik. Padahal jika sobat mengikuti cara yang ada di atas dengan teliti smartphone Xiaomi sobat yang awalnya dalam keadaan Bootloop, Softbrick, Atau Hardbrick pasti bakal teratasi dengan mudah. Dari pada kita membawa ke konter lagi dan konter juga mengikuti tutorial yang kami bagikan ini sama saja bukan yang anda sobat yang rugi harus membayar ke konter lagi untuk memperbaiki smartphone xiaomi Bootloop, Softbrick, Atau Hardbrick.

Sekian dari kami sobat semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkan atau sedang mengalami kendala yang sama seperti saya ini, jika anda menemukan masalah jangan sungkan untuk bertannya pada kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah.

Xiaomi Redmi 3 Anda Bootloop, Softbrick, Atau Hardbrick? Baca Tutorial Cara Mengatasinya Disini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adara Fradella Ulani

3 comments:

  1. kalo yg hardbrick kan gak bisa connect ke pc,tetep bisa kak?

    ReplyDelete
  2. gan, apakah bisa menggunkan win 32 bit??, redmi 3 pro saya hardbrick tapi bisa connect ke pc.
    ditunggu jawabn nya gan

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

● Terimakasih telah membaca artikel ini.
● Berkomentarlah dengan bijak dan sopan.
● Tinggalkan komentar jika anda menemukan masalah.
● Berkomentar dengan URL ( mati / hidup ) akan kami hapus.